Hidup Sehat

Berbagai Macam Tips Menjaga Gaya Hidup Sehat
3 Komponen Makanan Yang Harus Ada di Menu Sahur

3 Komponen Makanan Yang Harus Ada di Menu Sahur

Makan sahur adalah aktivitas awal saat puasa di bulan Ramadhan. Tanpa asupan makanan saat subuh, itu bisa membuat tubuh Anda terasa mudah sepanjang hari.

Sama seperti saat makan lainnya, sahur harus mengandung nutrisi yang cukup untuk tubuh. Pakar nutrisi klinis Dr. Jovita Amelia, SpGK mengatakan bahwa makanan sahur harus memenuhi kebutuhan tubuh saat berpuasa sepanjang hari.

Namun perlu diingat bahwa memenuhi nutrisi bukan hanya soal makan banyak, tetapi juga harus memperhatikan komposisi nutrisi yang lengkap dan seimbang. Seringkali karena takut kelaparan, kita sengaja makan banyak yang akhirnya membuat tubuh merasa tidak nyaman sepanjang hari.

3 Komponen Makanan Yang Harus Ada di Menu Sahur
3 Komponen Makanan Yang Harus Ada di Menu Sahur

Agar tetap bugar dan produktif selama berpuasa, untuk menu sahur, harus ada komposisi makanan yang terdiri dari karbohidrat kompleks, protein, dan lemak.

Inilah penjelasannya.

1. Karbohidrat kompleks

Untuk karbohidrat, Jovita menyarankan memilih karbohidrat kompleks. Karbohidrat ini terdiri dari molekul gula yang panjang dan mengandung serat kaya seperti buah-buahan dan umbi-umbian.

Karbohidrat kompleks perlahan-lahan akan melepaskan energi. Sehingga tidak akan mempercepat rasa lapar. “Jika kamu mengharapkan gula dari teh manis untuk sahur, gula hanya akan bertahan sebentar dan itu akan membuatnya lemah dengan cepat,”

2. Protein

Untuk protein, Anda bisa mendapatkan asupan dari protein hewani seperti ikan, ayam, dan telur. Sedangkan sumber protein nabati diperoleh dari tempe, tahu, dan kacang-kacangan.

Protein diperlukan untuk memperbaiki dan membangun jaringan di dalam tubuh. Selain itu, protein juga bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terluka.

3. Lemak baik

Komponen lainnya adalah lemak. Anda harus mengkonsumsinya dalam jumlah sedang dan menghindari makanan dengan lemak buruk.

“Lemak juga perlu, tetapi lemak itu baik.” Jika biasanya sayuran dan lauk dimasak menggunakan minyak goreng, jika sekarang Anda bisa menggunakan minyak zaitun, “katanya.

Selain zaitun, Anda juga bisa menggunakan kanola, kedelai, jagung atau bunga matahari saat menggoreng makanan Anda. Untuk lemak sehat tambahan, Anda juga dapat mengonsumsi alpukat atau kacang-kacangan seperti almond, kacang mete, dan hazelnut.

Agar Anda tidak senang saat sahur, sebaiknya jangan makan terlalu banyak. Jadi, tidak menambah jumlah makanan tetapi harus meningkatkan kualitas makanan. Kualitas ditingkatkan dengan komposisi yang dibutuhkan seperti lemak, protein, dan karbohidrat kompleks.

Setelah 3 komponen makanan, Jovita menambahkan satu hal yang tak kalah penting, yaitu minum air putih yang cukup. Air sangat penting untuk memperlancar metabolisme tubuh dan menjaga hidrasi tubuh. Saat fajar, Anda dapat minum 2 gelas air.

Leave a Reply