Hidup Sehat

Berbagai Macam Tips Menjaga Gaya Hidup Sehat
3 Tanda Anda Membutuhkan Detox untuk Membersihkan Racun Tubuh

3 Tanda Anda Membutuhkan Detox untuk Membersihkan Racun Tubuh

Tubuh kita sering terkena racun dari dalam dan luar tubuh. Baik itu dari polusi udara atau mengonsumsi makanan yang kurang bergizi. Racun yang terus mengendap di tubuh tanpa nutrisi yang baik dapat mempengaruhi kondisi tubuh Anda.

Karena itu, detoksifikasi diperlukan untuk melawan racun di dalam tubuh dan mempercepat penyembuhan dari penyakit tertentu. Meskipun sebenarnya ada mekanisme untuk menghilangkan racun seperti keringat atau urin, itu ide yang baik untuk membantu tubuh Anda membersihkan racun melalui makanan sehat.

Ketika Anda jarang mengonsumsi makanan sehat, tubuh Anda akan memberi Anda ‘tanda’ untuk memberikan nutrisi seimbang melalui sayuran dan buah. Apa saja tanda-tanda tubuh yang membutuhkan detoksifikasi? Bagaimana cara memilih asupan detoks? Lihat penjelasannya.

3 Tanda Anda Membutuhkan Detox untuk Membersihkan Racun Tubuh
3 Tanda Anda Membutuhkan Detox untuk Membersihkan Racun Tubuh

1. Terus merasa lelah

Capek karena kesibukan sehari-hari masih dalam kondisi wajar. Tapi, perasaan lelah yang terus datang dan membuat tubuh selalu lemah, berarti ada yang salah dengan kebiasaan Anda sebelumnya. Dilaporkan oleh Vitaplan, menurut Dr. Bill Rawls, direktur medis Vital Plan, kelelahan tubuh yang berkepanjangan merupakan tanda bahwa sistem tubuh sulit untuk didetoksifikasi, artinya tubuh membutuhkan nutrisi yang baik. Namun sayangnya, kelelahan yang terus menerus sering diabaikan oleh banyak orang.

2. Sendi sering sakit dan kaku

Ketidaknyamanan di lutut, pinggul, atau bagian tubuh lainnya bisa menjadi tanda peradangan pada tubuh. Sendi yang bengkak dan kaku mengindikasikan sistem kekebalan tubuh melambat. Sementara cairan limfatik atau cairan getah bening berperan dalam membawa sel darah putih untuk melawan infeksi, serta penyakit lainnya.

Ketika tidak berfungsi dengan baik, cairan getah bening dapat menumpuk dan menyebabkan kekakuan. Ini adalah pemicu pola makan dan hidup yang tidak sehat dan Anda perlu detoksifikasi untuk menetralisirnya.

3. Memiliki masalah usus

Sistem pencernaan memiliki peran penting dalam membuang racun. Jika Anda sering mengonsumsi makanan tidak sehat seperti junk food, itu akan mengganggu keseimbangan bakteri baik di usus Anda sehingga Anda mengalami masalah pencernaan. Jika perut sering terasa kembung, sembelit atau diare, Anda harus mempertimbangkan kualitas makanan yang Anda konsumsi.

dr. Nessa Wulandari Mgizi, SpGK, menjelaskan, detoksifikasi adalah diet sehat seimbang termasuk karbohidrat, lemak, protein dengan komposisi seimbang, dengan mengonsumsi sayur dan buah. Yang terbaik bagi tubuh untuk membatasi asupan gula, lemak jenuh, kafein untuk menghindari ketidaknyamanan dalam tubuh seperti yang disebutkan.

“Sebenarnya diet sehat seimbang harus dimulai sejak dini, tanpa menunggu gejala tanda-tanda penyakit termasuk penyakit jantung, stroke, diabetes, dan obesitas,” pungkasnya.

Lakukan detoksifikasi tubuh, Anda harus memilih buah dan sayuran yang warnanya beragam. Menurut Dr. Nessa, itu untuk memastikan bahwa antioksidan bagi tubuh terpenuhi. Pilih beri, wortel, brokoli, srikaya, dan sirsak.

Antioksidan bermanfaat untuk melindungi tubuh dari penyakit, mencegah kerusakan sel untuk membantu merawat kulit.

Ladies, jangan biarkan Anda memulai hidup sehat ketika Anda merasakan efek samping dari mengkonsumsi makanan yang kurang bergizi. Ayo, mulailah hidup sehat dengan sering mengonsumsi buah dan sayuran.

Leave a Reply