Hidup Sehat

Berbagai Macam Tips Menjaga Gaya Hidup Sehat
5 Manfaat Menyelam yang Baik Untuk Kesehatan

5 Manfaat Menyelam yang Baik Untuk Kesehatan

Selain menikmati keindahan laut dan adrenalin, olahraga diving memberikan banyak manfaat kesehatan. Berikut ulasannya berikut ini:

1. Berolahraga kekuatan otot dan fleksibilitas

Ketika Anda menyelam, otot-otot Anda bekerja lebih keras daripada ketika Anda bergerak di darat. Hal ini disebabkan aliran dan tekanan air laut. Semakin dan semakin lama Anda bergerak untuk menyelam di dalam air, semakin banyak otot yang terlatih. Seiring waktu, stamina dan kelenturanmu dilatih. Menyelam dan berenang bukan hanya melatih kekuatan, tetapi juga memperkuat inti.

5 Manfaat Menyelam yang Baik Untuk Kesehatan
5 Manfaat Menyelam yang Baik Untuk Kesehatan

2. Melatih Pernapasan

Ketika menyelam, Anda harus bernapas dalam-dalam dan perlahan-lahan untuk menghemat pasokan oksigen. Teknik pernapasan ini akan memperlambat denyut jantung dan membuat diri tenang di dalam air. Selain itu, teknik pernapasan ini akan mengurangi pembentukan lendir dan telah terbukti untuk menyembuhkan asma.

3. Menurunkan tekanan darah

Ketika ia pertama kali turun ke laut, penyelam denyut jantung akan meningkat tiba-tiba. Demikian pula, tekanan darah. Ini mungkin disebabkan oleh kegembiraan, adrenalin, atau mungkin suhu air laut. suhu air laut biasanya lebih rendah dari suhu tubuh manusia. Ketika penyelam masuk ke dalam air, pembuluh darah di permukaan tubuh mengerut untuk melestarikan panas demi organ internal. Hal ini akan membuat jantung berdetak penyelam kecepatan yang lebih cepat. Ketika tubuh sudah terbiasa, denyut jantung melambat dan tekanan darah turun. Di sini, teknik penyelam bernapas akan membantu menjaga tekanan darah dan membuat penyelam tenang selama menyelam.

4. Membakar kalori dan meningkatkan kebugaran

Pada dasarnya, siapa pun yang akan menyelam harus memiliki tingkat kebugaran yang baik. Jika Anda memaksakan diri, penyelam berisiko penyakit dekompresi. Plus, scuba diving tidak pernah diprediksi. Ini bisa menjadi saat perubahan saat menyelam dan Anda harus berenang melawan arus. Ketika harus berenang melawan arus, kebugaran Anda akan diuji dan kemudian dibakar kalori tubuh Anda lebih cepat. Apakah Anda tahu bahwa scuba diving selama 30 menit bisa membakar sekitar 400 kalori? Namun, setelah menyelam, Anda harus menyediakan makanan dan minuman asupan yang cukup bagi tubuh. Jika tidak, tubuh Anda akan kekurangan asupan kalori, dan akhirnya menyebabkan masalah kesehatan yang cukup serius.

5. Memulihkan tubuh

Air memiliki banyak efek restoratif. Salah satunya adalah untuk membuat Anda merasa seperti di dalam rahim ibumu. Secara tidak langsung, ini akan memberikan Anda rasa aman, damai, dan kebahagiaan. Plus, berada di air laut asin akan menjaga tubuh Anda dehidrasi. Jadi, ketika Anda selesai menyelam dan keluar dari air, Anda cenderung minum lebih banyak air dari biasanya. Anda menerima semua manfaat dari air yang baik, dari dalam dan luar tubuh.

Leave a Reply